2. Project Owner : Angga daru
arsiyanto #3ia22
: Ahmad sauqi #3ia22
: Eko pranatya #3ia22
: M.Riski Pahlefi #3ia22
: Puri Ardiyanto #3ia22
: Sunandar Panjaitan
#3ia22
3. Project Charter : Game Platform
menggunakan flash dengan karakter seperti bounce dan lawannya
adalah sebuah smile angry.
4. Project Manager :
A.
Business
Analyst
ini adalah terminologi yang
sering dikaitkan dengan posisi BA. Bersamaan dengan jabatannya, beberapa skills
yang perlu diasah sebagai seorang consultant/analyst adalah demikian (ga
terbatas ini aja):
Listening –>
mendengarkan lawan bicara.
Menuliskan kembali
penjelasan dari lawan bicara
Menangkap intisari/ maksud
dari lawan bicara
Fasilitasi. Skill ini
penting sekali terutama pada saat kita interview. Kita harus bisa membuat
mereka mengeluarkan apa yang mau kita capai.
Drive. Usahakan pada
diskusi, kita sudah siap, jadi kita bisa memimpin diskusi.
Proaktif. Kalau ada bahan
kurang, ada yang tidak jelas, kita harus mengejar dan follow up.
Fungsional
Pengertian fungsional adalah a 1 berdasarkan jabatan; 2
dilihat dr segi fungsi: kedua kata itu secara – sepadan
B. I/A
proses
“game” yang berarti permainan.
Computer game berbeda dengan jenis game yang lain karena tidak
ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung dengan object kecuali lewat
perantaraan komputer. Software yang dibuat harus dapat menangkap reaksi yang
cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain. Karena itu software untuk
computer games harus bersifat real time. Kompleksitas game adalah bergantung
dari kemampuan merepresentasikan aturan dan lingkungan game dalam program yang
dibuat.
Hal - hal yang dibutuhkan untuk menjadi
pembuat game antara lain :
1. Keinginan
2. Daya Khayal
3. Menentukan genre permainan, misalnya
Berdasarkan genre permainannya :
- Aksi – Shooting
- Fighting ( pertarungan
)
- Aksi – Petualangan
- Petualangan
- Simulasi, konstruksi
dan manajemen
- Role playing
- Strategi, game jenis
ini terbagi atas :
1. Real time strategy
2. Turn based strategy
- Puzzle
- Simulasi kendaraan
Kategori lainnya :
- Multiplayer Online
- Casual games
- Edugames
- Advergames
4. Software
yang dibutuhkan untuk pembuatan game, antara lain :
- The 3D Gamemaker
- 3D RPG BUILDER
- Game Maker
- RPG Maker
- FPS Creator
Dari macam – macam Software yang ada di atas kita bisa
simpulkan bahwa dalam membuat sebuah game kita dapat menggunakan beragam bahasa
pemrogramaan tergantung dari jenis game yang akan di buat itu sendiri
Tahap pembuatan game :
1. Pre-production
2. Production
3. Testing (pengujian)
4. Penyelesaian
5. Pemeliharaan
6. Durasi
Artificial Intelligence (AI) dalam Game
Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan
buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku
sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan
baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari
permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC~ Non Playable Character).
Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah
pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan
menusia untuk berinteraksi
dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah :
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan
(speech)
- Gerakan anggota badan (
gesture)
C.
User
and accept test
Dalam
rekayasa
game dan berbagai perusahaan subdisiplin
, User and accept test adalah tes yang dilakukan untuk
menentukan apakah persyaratan dari spesifikasi
license terpenuhi. Ini
mungkin melibatkan test run game dan pembuatan game.
Pengembang perangkat lunak sering
membedakan pengujian penerimaan oleh penyedia sistem dari pengujian penerimaan
oleh pelanggan
(pengguna atau client) sebelum menerima pengalihan kepemilikan.
Dalam hal perangkat lunak,
pengujian penerimaan dilakukan oleh pelanggan dikenal sebagai User and accept test (UAT), pengujian end-user, situs
(penerimaan) pengujian, atau bidang (penerimaan) pengujian.
D. System analist
Tugas dan peranan Development
system
1. Programmer
Seorang programer mempunyai peranan yang sangat vital
untuk mengimplementasikan suatu analisis/rancangan menjadi program yang nyata
dan bisa digunakan
2. Desainer programmer
Membuat User InterfaceProgramer juga mempunyai suatu
kewajiban membuat user interface yang userfriendly. Hal tersebut bertujuan
untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan sistem informasi tersebut. Semakin
mudah digunakan suatu program, maka nilai program itu akan semakin tinggi.
Walaupun user interface merupakan rancangan seorang desainer, namun programer
wajib memberikan masukan agar user interface tersebut dapat diimplementasikan
secara sempurna.
3. DBA
Programmer.
Membuat DataBase SistemDatabase dalamn sistem ini
merupakan kumpulan dari data-data pasien yang menginap di rumah sakit tersebut.
Database merupakan inti utama dari program sistem informasi rawat inap. Dengan
pembuatan database secara lengkap maka kita dapat menilai kelayakan suatu
program informasi. Selain itu database juga dapat dijadikan sebagai basis pengetahuan.
E.
Penggolongan User / Pangsa Pasar Game (Release
strategy)
Dalam setiap game yang dirilis, biasanya dicantumkan pemberitahuan mengenai
batasan umur pemain dari game tersebut. Pemberitahuan ini disimbolkan dengan
logo-logo sebagai berikut :
- EARLY CHILDHOOD
Simbol eC (Early Childhood) berarti game yang boleh
dimainkan oleh anak berumur 3 tahun keatas. Tidak ada materi yang perlu
dikhawatirkan.
- EVERYONE
Simbol E (Everyone) berarti game tsb cocok untuk anak berumur 6 tahun keatas.
Isinya mungkin berisi sedikit kartun, fantasi atau sedikit kekerasan.
- EVERYONE 10+
Simbol ini berarti game yang cocok untuk 10 tahun keatas. Didalamnya ada lebih
banyak unsur kartun, fantasi, sedikit kekerasan atau sedikit bahasa kasar dan
atau sedikit bersifat mempengaruhi.
- TEEN
Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk anak 13 tahun keatas.
Didalamnya mungkin berisi kekerasan, hal - hal yang bisa mempengaruhi, humor
kasar, sedikit darah, simulasi perjudian dan atau bahasa yang kasar
- MATURE
Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk 17 tahun keatas. Didalamnya
mengandung banyak kekerasan dan darah, berbau seks dan atau kata-kata kasar.
- ADULTS ONLY
Simbol ini berarti game ini hanya cocok untuk 18 tahun keatas. Didalamnya
mengandung adegan kekerasan berkepanjangan dan atau seksual dan ketelanjangan.
- RATING PENDING
Game yang belum memiliki rating sehingga para orang
tua harus menghindari membeli game ini kepada anaknya atau melakukan survey
sendiri.
F.
BERDASARKAN JENIS “PLATFORM” ATAU ALAT
YANG DI GUNAKAN (Realese Application)
1.Arcade
games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia,
biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang
memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang
bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan
“menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan
stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
2.PC Games , yaitu video game yang dimainkan
menggunakan Personal Computers..
3.Console games, yaitu video games yang dimainkan
menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360,
dan Nintendo Wii..
4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console
khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony
PSP..
5.Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau
khusus untuk mobile phone atau PDA..
Untuk mencoba game kami silahkam klik -->> Di Sini dan untuk download klik --> Disini